Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 03 Juni 2013

Wasir atau Ambeien


Wasir atau Ambeien 

Wasir atau ambeien adalah penyakit yang tidak hanya menimbulkan sakit ketika sedang BAB ataupun sedang duduk, tapi juga dapat menimbulkan dampak psikologis misalnya malu pada penderitanya. Sebenarnya secara anatomi, ambeien bukan merupakan penyakit, melainkan perubahan fisiologis yang terjadi pada bantalan pembuluh darah di dubur, berupa pelebaran dan pembengkakan pembuluh darah dan jaringan sekitarnya. Fungsi bantalan itu sendiri sebagai klep/katup yang membantu otot-otot dubur menahan feses. Bila terjadi gangguan (bendungan) aliran darah, maka pembuluh darah akan melebar dan membengkak. Nah, keadaan inilah yang disebut ambeien.

Secara umum wasir atau ambeien dibagi menjadi dua yaitu ambeien dalam dan ambeien luar.
  • Ambeien dalam adalah pembengkakan terjadi dalam rektum sehingga tidak bisa dilihat atau diraba. Pembengkakan jenis ini tidak menimbulkan rasa sakit karena hanya ada sedikit syaraf di daerah rektum. Tanda yang dapat diketahui adalah pendarahan saat buang air besar. Masalahnya adalah bila wasir dalam ini membesar dan keluar ke bibir anus yang menyebabkan kesakitan. Wasir yang terlihat berwarna pink ini setelah sembuh dapat masuk sendiri, tetapi bisa juga didorong masuk.
  • Ambeien luar menyerang anus sehingga menimbulkan rasa sakit, perih, dan gatal. Jika terdorong keluar oleh feses, ambeien ini dapat mengakibatkan penggumpalan (trombosis), yang menjadikan ambeien berwarna biru-ungu.

Penyebab wasir atau ambeien adalah:

  • Terlalu banyak duduk
  • Diare menahun
  • Kehamilan ibu hamil yang diakibatkan perubahan hormon
  • Keturunan penderita wasir
  • Penyakit yang membuat penderita sering mengejan seperti misalnya: pembesaran prostat jinak ataupun kenker prostat, penyempitan saluran kemih, dan sering melahirkan anak.
  • Sembelit / konstipasi / obsitpasi menahun
  • Penekanan kembali aliran darah vena seperti seperti pada kanker dubur, radang dubur, penyempitan dubur, kenaikan tekanan pembuluh darah porta (di dalam rongga perut), sakit lever jenis sirosis (mengkerut), lemah jantung, dan limpa bengkak.
  • Peregangan. Hal ini bisa terjadi pada seseorang yang suka melakukan hubungan seksual yang tidak lazim yaitu anogenital.

Gejala

Biasanya penderita akan mengalami pendarahan dubur dengan warna darah merah muda yang menetes atau mengalir lewat lubang dubur / anus. Penderita juga akan merasa ada ganjalan pada anus ketika BAB sehingga penderita akan mengejan yang bisa memperparah ambeiennya. Selain itu biasanya anus akan terasa gatal karena bagian yang terasa nyeri di dubur sulit dibersihkan, sehingga virus akan sangat mudah menyebabkan infeksi kulit yang memicu rasa gatal

Pencegahan

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mencegah berulangnya kekambuhan ambeien. Di antaranya adalah:
  • Hindari mengejan terlalu kuat saat BAB.
  • Cegah konstipasi / sembelit dengan banyak mengonsumsi makanan kaya serat (sayur dan buah serta kacang-kacangan) serta banyak minum air putih minimal delapan gelas sehari untuk melancarkan BAB.
  • Segera ke belakang jika niat BAB muncul, jangan menunda-nunda sebelum feses menjadi keras.
  • Makan sayur dan buah yang cukup banyak.
  • Kurangi konsumsi cabe dan makanan pedas.
  • Tidur cukup.
  • Jangan duduk terlalu lama.
  • Senam/olahraga rutin
Apakah Wasir Perlu di Operasi ???

Pengobatan wasir perlu ditangani melalui operasi atau tidak bergantung pada stadium wasir yang dialami. Yang terpenting adalah pada waktu pengobatan maupun setelah pengobatan pasien dapat menjaga agar selalu buang air besar secara teratur dengan feses yang berbentuk lunak. Untuk itu, pasien perlu banyak minum dan makan makanan yang kaya serat.


Wasir stadium 1 umumnya dapat diobati dengan mengatur buang air besar dan beberapa jenis obat. Pada stadium 2, selain obat dapat dilakukan pengikatan (ligasi) atau penyuntikan dengan obat tertentu. Sedangkan pada stadium 3 dan 4 umumnya harus dioperasi.

Jadi, untuk mengatasi wasir perlu ditentukan terlebih dahulu apakah wasir luar atau dalam dan kemudian ditentukan stadiumnya. Saat ini ada alat yang sekali pakai yang dapat sangat mengurangi rasa sakit dibandingkan dengan cara operasi yang lama, dengan lama perawatan dan waktu penyembuhan yang jauh lebih singkat. Biayanya tentu berbeda antara tiap - tiap rumah sakit tetapi alatnya memang relatif mahal, berkisar antara 2 hingga 4 juta rupiah.

sumber : ( http://health.detik.com/read/2009/08/12/112023/1181692/783/apakah-ambeien-harus-selalu-dioperasi )

Habbatussauda bisa menyembuhkan wasir atau ambeien

Habbatussauda dapat berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit salah satunya adalah wasir atau ambeien karena didalamnya terkandung zat yang dapat menyembuhkan luka dengan cepat, dapat memperkuat atau menstabilkan pembuluh darah, menyembuhkan sembelit dan masih banyak lagi yang lain. Dengan mengkonsumsinya secara teratur, Anda akan dapat lancar BAB tanpa lagi disertai rasa sakit.

Cara Mengobati Wasir / Ambeien dengan habbatussauda

1. Untuk pengobatan dari dalam minum secara rutin habbatussauda 2 kali sehari.
2. Untuk Pengobatan luar benjolan di dubur, basuh dengan air hangat dan selajutnya oleskan pada benjolan tersebut minyak  habbatussauda.
3. Perbanyaklah makanan berserat dan minum air putih.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India