Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 04 Juni 2013

Gagal Batu Ginjal

Gagal Batu Ginjal



Gagal batu ginjal termasuk salah satu jenis penyakit yang ditakuti lantaran emnimbulkan nyeri yang luar biasa pada saat kambuh. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi atau mempermudah seseorang terkena gagal batu ginjal. Diantaranya adalah faktor umur, jenis kelamin, keturunan, lingkungan dan adanya kelainan metabolisme.

Selain itu, makanan yang tak seimbang gizinya juga membuka peluang terbentuknya batu ginjal. Dalam hal ini ada penelitian yang mengatakan bahwa sedikitnya ada 24 elemen makanan, termasuk vitamin dan mineral yang berperan dalam pembentukan gagal batu ginjal.


Mengonsumsi bahan makanan dalam jumlah berlebih mengandung purin 9hati, usus, otak dan udang) dapat mengakibatkan tingginya kadar asam urat dalam air kemih. Begitu pula bila kita mengonsumsi bahan makanan yang kaya kalsium dan oksalat secara berlebihan itu akan memiu terjadinya pembentukan gagal batu ginjal.

Dalam kaitannya dengan komponen-komponen makanan dikenal ada dua jenis batu yang mengandung kalsium dan yang tidak mengandung kalsium. Batu yang mengandung kalsium terdapat tiga jenis, yaitu kalsium oksalat, dan urat serta batu kalsium fosfat. Sedang yang termasuk batu non kalsium adalah asam urat, struvitm dan batu sistin.

Berdasarkan hasil penelitian medis, diketahui bahwa diantara pasien bati ginjal terbanyak adalah penderita batu ginjal kalsium (70-76). Ternyata laki-laki lebih banyak menderita dengan perbandingan 2:3:1 dibandingkan dengan wanita. Makanan kaya kalsium, oksalat, protein hewani, purin dan garam adalah makanan yang dikurangi. Sebaliknya, minum minuman (air putih) justru mesti perbanyak.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India