Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 04 Juni 2013

Batu Ginjal

Batu Ginjal



Salah satu organ tubuh manusia yang penting adalah ginjal. Organ ini mempunyai fungsi untuk menyaring pembuangan elektrolit tubuh, menjaga keseimbangan cairan dan zat-zat kimia tubuh seperti kalium dan sodium di dalam darah atau memproduksi urine. fungsi dari ginjal ini bisa mengalami penurunan dan bahkan bisa tidak mampu bekerja sama sekali atau yang biasa disebut penyakit gagal ginjal. Gagal ginjal adalah kondisi dimana ginjal gagal berfungsi dan fungsinya hanya 15 % dari yang seharusnya.

Batu ginjal terletak didalam saluran kantung kemih sehingga memiliki hubungan langsung antara saluran kandung kemih dan tempat pembuangan air seni. Batu ginjal yang terletak di dalam saluran kemih (kalkulus uriner) merupakan massa keras yang berbentuk seperti batu yang berada di sepanjang saluran kemih dan dapat menyebabkan rasa nyeri, pendarahn, penyempitan aliran kemih atau infeksi. Batu-batu ginjal ini terbentuk di dalam ginjal maupun di dalam kanutng kemih (batu kandung kemih). Proses pembentukan batu ini disebut urolitiasis (litiasis renalis, nefrolitiasis). Bagian tubuh yang sering mengalami efek dari penyakit batu ginjal adalah seringkali mengalami rasa nyeri yang berat, rasa tidak nyaman pada bagian perut, panggul atau selangkangan. Satu dalam setiap 20 orang mengembangkan batu ginjal pada satu ketika dalam kehidupannya.

“Gagal ginjal merupakan stadium akhir dari penyakit ginjal kronik”. Menurut Prof. Endang Susalit SpPD-KGH menyebutkan, prevalensi gagal ginjal di Indonesia saat ini sekitar 7%. Meskipun belum terdapat data akurat mengenai jumlah pasti penderita gagal ginjal jumlahnya diperkirakan sekitar 10.000 orang, dilihat dari jumlah pasien yang melakukan terapi pengganti.

Gagal ginjal paling sering disebabkan karena adanya peradangan di ginjal yang disebut dengan Glomerulonefritis. Glomerulonefritis dapat disebabkan infeksi di bagians tubuh lain, mislanya di gigi dan kulit. Selain karena infeksi, glumerulonefritis juga dapat disebabkan penyakit lupus atau penyakit immunologi lainnya. Glumerulonefritis yang menjadi penyebab utama dari gagal ginjal mulai terdesak oleh penyakit kronis, misalnya diabetes melitus, dan hipertensi.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India