Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 04 Juni 2013

Ciri Ciri Penyakit Batu Ginjal

Ciri Ciri Penyakit Batu Ginjal



Ginjal merupakan salah satu anggota tubuh yang paling penting, keberadaan ginjal di dalam tubuh manusia memiliki tugas penting sebagai media tempat menyimpan urine yang kemudian di salurkan ke kandung kemih dan dikeluarkan berupa air seni. Namun bagaimana bila fungsi kerja dari ginjal terhambat, maka tubuh akan mengalami sakit ginjal, ginjal sering terjadi kesakitan dan perih.

Ginjal mengalami perubahan atau terjadi peradangan yang disebabkan oleh tingkah pola hidup manusia yang buruk, mulai dari gaya hidup, pola makan dan kebiasaan sehari-hari yang dijalani.

Menurut survei dari data statistika Badan Kesehatan Dunia atau WHO, penderita penyakit ginjal mencapai 66.000 kasus pada transplantasi ginjal pada tahun 2005 di seluruh dunia. Pada tahun yang sama juga terjadi kasus penderita 21.000 liver dan 6.000 jantung di transplantasi. Dari data tersebut disimpulkan bahwa transplantasi ginjal terjadi 3 kali lebih besar dibanding transplantasi organ tubuh lainnya.

Ginjal memiliki peranan penting dalam tubuh manusia, sebagai :


1. Pembuang racun dari sumber makanan yang dikonsumsi setiap harinya yang tercampur dalam darah. Racun yang tercampur didalam darah ini mengandung urea dan uric acid. Jika kedua kandungan racun ini terlalu berlebihan maka sistem metabolisme tubuh akan terganggu.
2. Menjaga kebersihan darah dengan menyaring seluruh cairan yang terkandung di dalam tubuh seperti air dan garam.
3. Mengendalikan tekanan darah. Organ ginjal juga menghasilkan enzim renin yang berfungsi sebagai pengendali tekanan darah dan elektrolisis. Enzim renin diketahui memiliki sifat sebagai pengubah protein dalam darah yang menciptakan hormon angiotensis. Kemudian angiotensis ini dirubah menjadi aldosterone yang menghancurkan sodium dan air ke dalam darah.
4. Mengatur keseimbangan pH darah
5. Memproses vitamin D sehingga dapat distimulasi oleh tulang
6. Memproduksi hormon erytropoiethin yang berfungsi sebagai penghasil sel darah merah di tulang.

Penyakit ginjal memiliki beberapa jenis. Terjadinya penyakit ginjal disertai adanya gangguan pada kesehatan tubuh lainnya sebelum penyakit ginjal tersebut benar-benar dirasakan, penyakit ginjal diliputi oleh gangguan penyakit lainnya seperti :

1. Terjadi infeksi pada saluran kencing
2. Terhambatnya aliran saluran kencing karena adanya batu ginjal
3. Memiliki riwayat penyakit tekanan darah tinggi
4. Glomerulonephritis
5. Nephrosis
6. Memiliki penyakit kencing manis
7. Efek samping dari konsumsi obat-obatan medis yang dikonsumsi dalam waktu yang cukup lama sehingga membawa dampak pada pengendapan racun atau toksik.

Ciri – ciri dari penyakit ginjal yang umumnya menyerang pria dewasa, timbul gejala seperti :


1. Mengalami kesulitan saat hendak buang air kecil
2. Rasa ingin buang air kecil secara tiba-tiba pada malam hari di saat terlelap tidur
3. Pada sebagian orang bila dirasakan penyakit ginjal yang dialami sudah cukup parah, terkadang buang air kecil mengelurakan darah atau dalam kata lain air seni bercampur dengan darah
4. Pembengakakan pada sekeliling mata. Jika penyakit ginjal menyerang usia dini (anak-anak) timbul gejala seperti bengkak pada tangan dan kaki
5. Rasa sakit pada bagian punggung belakang bagian bawah dari tulang rusuk (namun bukan disebabkan adanya suatu peregerakan pada tulang)
6. Memiliki tekanan darah tinggi

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India