Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 03 Juni 2013

Penyakit Asma

Penyakit Asma

Penyakit Asma berasal dari kata "asthma" yang diambil dari bahasa Yunani yang mengandung arti "sulit bernapas". Gejala awal dari timbulnya penyakit asma adalah adanya gejala sesak napas, batuk dan suara mengi ( bengek ) yang dikarenakan adanya penyempitan dan sumbatan pada pembuluh darah yang mengalirkan oksigen ke paru - paru dan rongga dada yang membuat saluran udara menjadi terhambat.

Secara global, pengertian penyakit asma adalah suatu jenis penyakit gangguan penapasan khususnya pada paru - paru. Asma merupakan suatu penyakit yang dikenal dengan penyakit sesak napas yang dikarenakan adanya penyempitan pada saluran pernapasan karena adanya aktivitas berlebih yang mengakibatkan terhadap suatu rangsangan tertentu, yang menyebabkan peradangan dan penyempitan pada pembuluh darah dan udara yang mengalirkan oksigen ke paru - paru dan rongga dada. Umumnya seseorang yang menderita sesak napas atau asma bersifat sementara dan dapat sembuh seperti sedia kala dengan atau tanpa bantuan obat.

Penyakit asma tidak mengenal umur, ras, dan derajat seseorang. Siapa saja dapat terkena penyakit asma mulai dari masa kanak - kanak sampai orang dewasa. Jika pada anak - anak penyakit asma ini bersifat kronis. Menurut data dan sumber yang diperoleh dari Asosiasi Paru - paru di Amerika mengungkapkan bahwa 1 diantara 3 orang penderita asma adalah mereka yang berusia di bawah usia 18 tahun. Alergi merupakan penyebab utama pemicu timbulnya gejala asma.Diketahui sekitar 80% penyakit asma banyak menyerang anak - anak dan 50% menyerang orang dewasa.

Menurut sebuah sumber dari sebuah penelitian yang dilakukan di amerika da eropa menegaskan dalam buku "American Journal of Repiratory and Critical Care Medicine mengungkapkan "Bila salah orang tua mengidap penyakit asma besar kemungkinan anak juga akan menderita asma yang resikonya 3x lipat lebih besar daripada orang tuanya, sedangkan apabila kedua orang tua menderita asma, maka juga akan menderita asma 6x lebih besar resiko dari penyakit asma dibanding orang tuanya"



Penyebab

Penyakit asma memiliki banyak faktor penyebab, yang paling sering karena faktor atopi atau alergi. Faktor-faktor penyebab dan pemicu penyakit asma antara lain debu rumah dengan tungkunya, bulu binatang, asap rokok, asap obat nyamuk, dan lain-lain.




0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India