Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 04 Juni 2013

Batu Ginjal Asam Urat

Batu Ginjal Asam Urat



Batu ginjal asam urat adalah kelainan yang terjadi akibat konsentrasi asam urat di urine. Batu asam urat di ginjal dapat ditemukan pada 10-25% penderita gout. Bila kadar asam urat darah > 13 mg/dl atau ekskresi asma urat di urin > 1.100 mg/dl, timbulnya batu asam urat akan meningkat menjadi 50%.

Sekitara 20-25% penderita yang terdapat nedapan kristal MSU di ginjal akan terbentuk batu ginjal. Untuk mencegah terbentunya batu ginjal, penderita batu ginjal asam urat dianjurkan untuk :

1. Banyak minum. Cukup atau tidaknya minum bias dikontrol dari warna urine. Bila minum sudah cukup, urine berwarna jernih kecuali urine pertama pada pagi hari. Bila kurang minum, warna uirne menjadi kuning keruh. Kehilangan cairan akibat banyak berkeringat juga harus segera diganti dengan banyak minum guna menghindari tingginya konsentrasi asam urat di urine.

2. Menghindari makanan yang berkadar puin tinggi

3. Mengontrol keasaman urine. Bila kadar asam urat di urine tinggi maka pH urine turun dan menyebabkan urine menjadi asam. Urine yang asam akan mengendapkan kristal urat sehingga terbentuk batu urat di ginjal dan saluran kencing. Untuk menghindari batu urat di ginjal bis ajuga dnegan mengonsumsi tablet bikarbonat natrikus sebanyak 4 kali 500 mg per hari agar pH urine menjadi basa (alkalis).

Endapan MSU di ginjal akan merusak parenkim ginjal yang pada akhirnya menyebabkan gagal ginjal. Adanya batu urat di ginjal menandakan allopuironal harus diberikan seumur hidup guna melindungi ginjal.

Selain batu asam urat, berbagai jenis batu lainnya juga bisa ditemukan pada pasien gout, terutama batu kalsium. Sering kali dalam waktu bersamaan penderita penyakt batu ginjal memiliki keluhan asam urat. Oleh karena itu, ramuannya ditujukan untuk mengobati batu ginjal sekaligus berkhasiat mengobati asam urat. Contohnya ramuan 1 ditambah akar sidaguri dan temulawak yang cocok digunakan untuk asam urat. Ramuan 2 ditambah jahe merah dan kpaulaga. Ramuan 3 ditambah alang-alang dan daun komfrei.

Ramuan 1 untuk mengatasi batu ginjal asam urat

Siapakan 10 gr kering atau 30 gr segar akar sidaguri, 10 gr kering atua 30 gr segara daun tempuyung, 10 gr kering atau 30 gr segar tanaman meniran, 15 gr kering atau 40 segar daun kumis kucing, 10 gr kering atau 30 gr segar daun tapak liman, dan 20 gr kering atau 40 gr rimpang temulawak. Cuci semua bahan lalu rebus dalam satu liter air sampai tersisa setengahnya, lalu saring. Minum pagi, siang dan sore masing-masing 150 ml.

Ramuan 2 untuk mengatasi batu ginjal asam urat

Siapkan 10 gr kering atau 30 gr segar daun keji beling, 5 gr kering atau 20 gr segar tanaman meniran, 40 gr kering umbi bidara upas, 10 gr kering atau 30 gr segar daun sendok, 15 gr kering atau 40 gr segar jahe merah (memarkan) dan 2 buah kapulaga. Cuci semua bahan, rebus dalam satu liter air smapia tersisa setengahnya, lalu saring. Minum tiga kali sehari, sekali minum 150 ml.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India